Pages

Saturday, February 24, 2018

MAYANA / MIANA / PAINTED NETTLE / PLECTRANTHUS SCUTELLARIOIDES

 MAYANA / MIANA / PAINTED NETTLE / PLECTRANTHUS SCUTELLARIOIDES
 

Mayana / Miana / Painted Nettle ( dalam bahasa inggrisnya) dan Plectranthus Scutellarioides dalam bahasa latinnya.
Mayana adalah tanaman tegak, bercabang, dan bisa tumbuh tinggi sekitar 1 meter. Batangnya berwarna hijau, ungu. dan berbentuk siku. Daunnya banyak bercabang dan berwarna, biasanya sedikit berbulu, oval, panjangnya 5 sampai 10 sentimeter, agak kasar bergerigi di pinggirnya; dan umumnya berwarna hijau beludru-ungu. Bunganya berwarna keunguan dalam jumlah banyak, terkumpul dalam batang bunga yang memiliki panjang 15 sampai 30 sentimeter. Ada sekitar 250 jenis tanaman Mayana.

Di beberapa daerah lain, mayana juga disebut tanaman  jewer kotok atau iler, ada juga yang menyebutnya kentangan, si gesing, saru-saru, atau atau majana. Mayana juga memiliki nama ilmiah sinonim lainnya, yaitu :
Coleus scutellarioides
Coleus blumei Benth.
Coleus blumei.
Coleus blankoi.
Coleus grandifolius.
Coleus forskohlii.
Solenostemon scutellarioides.


https://www.youtube.com/watch?v=BRPD_930Q1A 
berikut beberapa manfaat tanaman Mayana, diantaranya :

1. Mengobati wasir atau ambeien.
caranya adalah :

(ambil 7-8 lembar daun mayana dan dicuci bersih, adas 1 sendok, pulosari setengah jari, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas). Untuk wasir ringan , minum 2 - 3 kali sehari.


2. Mengobati luka dan lecet.
caranya adalah :

cuci bersih daun mayana, lalu tumbuk 10 -12 daun mayana tersebut, kemudian tempelkan tumbukan tadi pada lutut,  sendi atau kulit yang terluka selama 30 menit,  lakukan tiga kali sehari. Pakai perban untuk mengikatnya pada luka atau memar.

3. Mengobati sakit kepala.
caranya adalah :

ambil secukupnya daun mayana, kemudian dicuci bersih, lalu Tumbuk sampe halus daun mayana tersebut. selanjutnya tempelkan tumbukan daun mayana tersebut pada  pelipis dan tengkuk.

4. Mengobati sinusitis.
caranya adalah :

ambil daun mayana segar 10 -12 lembar, lalu dicuci bersih. Panaskan 10-12 lembar daun mayana tersebut pada api; tempelkan selagi panas pada bagian depan sinus atau pada pipi. lakukan setiap 2 kali sehari.

5. Mengobati sengatan kalajengking.
Di India,  orang mengobati sakit akibat disengat kalajengking dengan cara membuat jus segar daun mayana dan batang mayana, dicampur dengan jus Citrus yang kasar untuk ditempelkan pada kulit setelah digigit atau disengat kalajengking.

6. Mengobati batuk dan TBC.
caranya adalah :

- Ambil 7 lembar daun mayana, lalu dicuci, dan ditumbuk. -campurkan dengan air panas, setelah itu diperas atau disaring.
-Campurkan dengan madu karena daun ini terasa pahit.
-Tambahkan kuning telor bila perlu.
-kemudian Diminum. lakukan setiap pagi dan malam hari.

Demikian beberapa manfaat dari tanaman mayana bagi kita.

Trima kasih.

Semoga bermanfaat.

https://www.youtube.com/watch?v=BRPD_930Q1A




No comments:

Post a Comment