Pages

Monday, February 26, 2018

Mengkudu / Noni / Pace / Indian Mulberry / Morinda citrifolia

 https://www.youtube.com/watch?v=LoIbiDp3x18

Mengkudu atau Noni atau Pace atau Indian Mulberry dalam bahasa inggrisnya. Dan, Morinda Citrifolia dalam bahasa latinnya. tanaman mengkudu merupakan tanaman obat yang sudah dimanfaatkan orang sejak jaman dahulu sampai sekarang. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3–8 meter, batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan memiliki akar tunggang yang tertancap sangat dalam.  memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap, dan memiliki totol-totol, dan bila sudah tua berwarna putih kuning dengan bintik-bintik hitam. Berdaun tebal mengkilap. Ukuran daun besar-besar, tebal, dan tunggal. Bentuknya jorong-lanset, tepi daun rata, ujung lancip pendek. Pangkal daun berbentuk pasak. Urat daun menyirip. Warna hijau mengkilap, tidak berbulu. Pangkal daun pendek, berukuran setengah hingga duasetengah sentimeter.
tanaman ini juga memiliki nama yang berbeda dimasing-masing daerah atau negara. di Aceh orang menyebutnya kemedee; dijawa orang menyebutnya pace, kemudu atau kudu; sedangkan orang sunda menyebutnya cangkudu; orang madura menyebutnya kodhuk ; serta orang bali menyebutnya tibah.  dan dinegara lain tanaman ini memiliki nama yang beragam pula, diantaranya di hawaii dengan sebutan noni, di tahiti menyebutnya nono, serta ditonga orang menyebutnya nonu. secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu diantaranya : xeronin, plant sterois, alizarin, lysin, sosium, kaprylic asid, arginin, proxeronin, antra quinines, trace elemens, phenylalanin, magnesium, dan lain lain. serta terkandung juga zat-zat bermanfaat lainnya seperti : Terpenoid, Zat anti bakteri, Scolopetin, dan Zat anti kanker.

Berbagai kandungan yang terdapat di dalam buah mengkudu tersebut, membuatnya dipercaya dapat memberikan ragam jenis manfaat, berikut ini adalah beberapa manfaatnya.



1. Mengatasi tekanan darah tinggi.

penelitian menunjukkan bahwa, dengan mengkkonsumsi 118 ml jus buah mengkudu setiap harinya, selama sebulan, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, tekanan darah akan normal kembali setelahnya.

2. Mengatasi mual pasca operasi.

Meski tidak dapat mengatasi muntah, dengan mengkkonsumsi buah mengkudu dapat mengatasi rasa mual pada pasien paska operasi.

3. Membantu pasien dengan kerusakan tulang belakang terkait usia.

Penelitian menunjukkan bahwa rutin melakukan fisioterapi, dan minum jus buah mengkudu dapat mengurangi nyeri di leher. Bahkan, bila rutin melakukannya selama sebulan  dapat meningkatkan fleksibilitas leher.

4. Meredakan rasa sakit pada penderita osteo arthritis.

dengan rutin mengkkonsumsi sekitar 80 ml jus buah mengkudu, dipercaya dapat meredakan rasa sakit  pada penderita osteo arthritis. sehingga, hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien, dan mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit.

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kolesterol dalam tubuh kita pada dasarnya  dibagi menjadi 2 macam, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Apa bila kadar LDL lebih tinggi dari HDL, maka Anda akan mudah terserang penyakit berbahaya. Mulai dari Darah tinggi, stroke, sampai dengan serangan jantung. Studi menunjukkan bahwa dengan mengkkonsumsi jus mengkudu dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat.

6. Meredakan rasa sakit pada penderita kanker.

Meski tidak dapat menurunkan ukuran tumor, penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkkonsumsi sekitar 8 gram mengkudu dapat membantu meredakan sakit pada penderita kanker, mengatasi rasa lelah, dan memperbaiki fungsi fisik.
Serta masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya dari tanaman mengkudu dalam bidang kesehatan.

Pada dasarnya, mengkudu cenderung aman dikonsumsi sebagai buah. Namun, jika dikonsumsi oleh seseorang dengan kondisi tertentu, jus buah mengkudu dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan hati.

Selain itu, buah mengkudu juga tidak disarankan dikonsumsi pada ibu hamil dan menyusui. penderita penyakit liver. serta penderita penyakit ginjal. masalahnya, terdapat beberapa senyawa, yang justru dapat mengancam kesehatan seseorang dengan kondisi tersebut.

Bahkan mengkonsumsi mengkudu pada saat kehamilan dipercaya dapat membahayakan janin. Meski belum diketahui dengan jelas penyebabnya, tentu ada baiknya untuk menghindarinya selama masa kehamilan dan menyusui.

oleh karena itu, bila anda memiliki kondisi tertentu tersebut, cobalah untuk mengkkonsultasikan hal tersebut terlebih dahulu, kepada ahli herbal atau dokter. sebelum mengkkonsumsi mengkudu. Agar anda dapat terhindar dari efek sampingnya.

Demikian beberapa manfaat dari tanaman mengkudu bagi kita.

Terima kasih.

Semoga bermanfaat.

https://www.youtube.com/watch?v=LoIbiDp3x18







No comments:

Post a Comment